Padi/Rice

Padi merupakan jenis komoditas pertanian utama yang paling banyak dikembangkan dibanding jenis tanaman lainnya. Tanaman padi menjadi primadona dibanding jenis tanaman pangan lainnya sehingga banyak masyarakat yang membudidayakan secara meluas.

Berdasarkan RUPM Kabupaten Sukamara kawasan peruntukan komoditas padi luasnya ± 6.739 ha. Potensi komoditas padi di Kabupaten Sukamara berada di Kecamatan Jelai, Kecamatan Pantai Lunci, Kecamatan Balai Riam, dan Kecamatan Sukamara. Potensi padi di Kecamatan Jelai dan Kecamatan Pantai Lunci direncanakan menjadi lumbung beras Kabupaten Sukamara.

Pada tahun 2015 luas area panen padi di Kabupaten Sukamara berdasarkan data BPS yaitu sebesar 2.375 ha. Jika dibandingkan dengan ketersedian lahan, luasan yang belum digarap yaitu 4.364 ha. Permasalahan lahan yang masih belum dimanfaatkan dapat diatasi dengan upaya perbaikan irigasi. Selain itu perlu dilakukan pengelolaan lahan yang tepat atau pemberian input yang tepat guna meningkatkan kesuburan lahan. Keberadaan investor pertanian diharapkan mampu mengatasi kebutuhan beras di daerah yang selama ini sebagian masih dipasok dari luar daerah.

BUDIDAYA PADI

1 Lokasi/Location : Kecamatan Jelai, Pantai Lunci, Balai Riam, dan Sukamara/Jelai, Pantai Lunci, Balai Riam, and Sukamara Sub-District
2 Luas Area/Size of Area : 24.512 ha
3 Kepemilikan Lahan/Land Ownership : Ulayat atau Masyarakat/Ulayat or Community
4 Sistem Perolehan Lahan/ Land Aquisition System : Kerjasama atau Jual Beli/Collaboration or Buying and Selling
5 Jenis Investor/Type of Investor : Masyarakat atau UMKM/Community or MSMEs
6 Nilai Investasi/Invesment Value : ± Rp. 10.000.000,-
7 Jumlah Tenaga Kerja/ Number of Worker : ± 3 orang/sawah/± 3 people/rice field
8 Dokumen Pendukung/ Supporting Document : RTRW Kabupaten Sukamara, RUPM Kabupaten Sukamara/Spatial Plan, General Investment Plan